Selasa, 11 Juni 2013

Panduan Dasar Menggambar Sketsa Tubuh

Saat kita melihat komik, tampak berbagai macam gambar karakter manusia diperlihatkan. Ada gambar yang memperlihatkan keseluruhan tubuh, ada yang hanya setengah badan, ekspresi wajah, organ tangan, telinga dll. Tiap-tiap gambar tersebut memiliki bentuk dasar. Untuk gambar tubuh secara keseluruhan, kita bisa membuat bentuk dasar berupa garis-garis bentuk rangka tubuh. Tubuh manusia terdiri dari bagian kepala, leher, badan, tangan, paha dan kaki. Untuk menggambarnya, kita bisa memulai dengan garis-garis rangka.

Bentuk dasar kepala yakni bulat. Sedangkan bentuk dasar mulai dari leher, badan, tangan hingga kaki berupa garis-garis rangka. Setelah bentuk dasar manusia terlihat jelas, kita bisa melanjutkan bagian-bagian organ tersebut dengan bentuk dasar tabung. Misal, bentuk leher dibuat tabung sempurna, badan dibuat tabung gepeng, paha dan kaki dibuat bentuk dasar tabung sempurna. Pada awalnya, gambar manusia ini akan tampak seperti robot dan terlihat kaku.

Agar gambar tubuh tampak luwes, kita dapat mengurangi atau menambah garis sesuai lekak-lekuk organ manusia. Jaga, penambahan dan pengurangan garis ini tidak sampai keluar dari bentuk dasar gambarnya. Dengan berlatih terus-menerus, nantinya kita akan mendapatkan garis-garis yang pas.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari buku panduan menggambar sketsa tubuh yang dapat diperoleh di toko-toko buku terdekat Anda.